fbpx

Sambung bulu mata atau biasa kita kenal sebagai eyelash extension merupakan teknik menyambungkan bulu mata satu per satu pada helai bulu mata asli dengan cara menempelkannya menggunakan lem khusus bulu mata yang bertujuan untuk menambah lentik dan panjang bulu mata.
Trend kecantikan ini digandrungi oleh banyak wanita karena trend ini dapat menambah kecantikan bulu mata mu. Namun apakah Anda tau? Bahwa eyelash extension dapat merusak bulu mata aslimu jika dilakukan oleh bukan yang ahli. Mengapa demikian? Kita simak yuk pembahasannya!

Bagi Anda yang mendambakan bulu mata panjang, penggunaan maskara memang dapat menjadi solusi. Namun, bila menginginkan hasil yang lebih permanen, sambung bulu mata bisa jadi pilihan, asalkan Anda memahami prosedur aman sekaligus risiko efek samping di baliknya. 

Bagaimana proses sambung bulu mata dilakukan? 

Sambung bulu mata yang dilakukan oleh ahli berpengalaman dan bersertifikat bisa menghasilkan bulu mata panjang, lentik, dan tebal alami. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati memilih salon atau klinik kecantikan dengan tepat agar terhindar dari efek sambung bulu mata yang mungkin berisiko terjadi pada bulu mata Anda. Berikut adalah cara sambung bulu mata yang dilakukan mulai dari tahap persiapan hingga pemasangannya. 

1. Pilih Salon atau Klinik Kecantikan Terpercaya

Sebelum cara sambung bulu mata dilakukan, Anda perlu memilih salon atau klinik kecantikan yang menawarkan jasa sambung bulu mata terpercaya. Jika Anda melakukannya di salon atau klinik kecantikan abal-abal atau tidak berpengalaman, kemungkinan terjadinya kesalahan cara sambung bulu mata bisa cukup besar terjadi. Kesalahan cara sambung bulu mata yang dimaksud, seperti menempelkan beberapa helai bulu mata palsu sekaligus ke bulu mata asli, sehingga menyebabkan bulu mata asli rontok. Jadi, sangat penting bagi Anda mencari salon atau klinik kecantikan dengan reputasi baik, dengan tenaga ahli yang profesional di bidangnya.

2. Konsultasi Dengan Terapis Kecantikan

Sambung bulu mata juga perlu melakukan konsultasi dengan terapis kecantikan. Anda bisa menyampaikan jenis, ukuran, dan bahan material bulu mata yang diinginkan. Selain itu, Anda bisa bertanya apa saja mengenai do dan don’t  setelah pasang bulu mata selesai dilakukan.

3. Pastikan Bulu dan Lem Yang Digunakan Berkualitas

Mata Anda akan terpejam saat proses sambung bulu mata dilakukan. Sebelum proses tersebut dimulai, Anda perlu memastikan keamanan bahan bulu mata dan lem yang digunakan. Pastikan lem yang digunakan oleh salon dituju tidak mengandung formaldehida, yaitu zat beracun yang sangat rentan menimbulkan reaksi alergi serta iritasi pada kulit.Pastikan juga lem yang digunakan adalah lem khusus, bukan lem untuk menyambung kuku palsu. Pada orang yang alergi terhadap lateks, pastikan lem tersebut tidak mengandung bahan ini. Cara sambung bulu mata yang salah akibat lem yang digunakan dapat menimbulkan iritasi hingga penyakit mata serius. 

4. Pastikan Kebersihan Alat Yang Digunakan

Pastikan pula terapis kecantikan Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh area wajah Anda dan melakukan sambung bulu mata. Ia juga perlu mensterilkan alat yang akan digunakan, serta menyediakan handuk bersih. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan jenis penyakit tertentu.

Berapa lama Ketahanan Sambung Bulu Mata?

Sambung bulu mata akan bertahan 4-8 minggu dan tidak dapat bertahan lama atau bersifat semipermanen.Separuh dari bulu mata yang ditempelkan akan rontok secara alami setidaknya satu bulan setelah sambung bulu mata dilakukan.Jika ingin kembali memiliki bulu mata yang lebat, Anda harus melakukan touch up 1 kali kunjungan dalam beberapa bulan. Harga sulam bulu mata untuk sesi touch up biasanya tidak semahal sambung bulu mata pertama. Pasalnya, bulu mata yang harus dipasang, tidak sebanyak sebelumnya.

Apa Efek Tanam Bulu Mata?

Bagi wanita yang ingin tampil dengan bulu mata lebat setiap hari, sambung bulu mata bisa jadi pilihan tepat. Meski tergolong aman, apabila dilakukan secara sembarangan dapat menimbulkan sejumlah efek samping tertentu, misalnya :

1. Reaksi Alergi

Salah satu efek sambung bulu mata adalah reaksi alergi. Reaksi alergi seperti rasa gatal, nyeri, perih, ruam, sensasi rasa terbakar atau tertusuk, biang keringat, serta pembengkakan di area kulit sekitar mata. Efek samping ini mungkin muncul akibat penggunaan lem perekat yang mengandung formaldehida atau bahan kimia lain yang membahayakan atau berisiko mengiritasi area mata. Jika Anda mengalami reaksi tertentu akibat penggunaan lem perekat yang mengandung bahan kimia, biasanya efek samping ini akan terjadi selama 2-3 hari. 

2. Kerontokan Bulu Mata

Kerontokan bulu mata juga menjadi salah satu efek bulu mata lainnya. Kerontokan bulu mata yang terjadi bisa secara sementara, maupun permanen. Kondisi ini dapat terjadi akibat kebiasaan menyentuh, menarik, atau menggosok area mata setelah proses sambung bulu mata dilakukan. 

3. Masalah Pada Mata

American Academy of Ophthalmology (AAO) menyatakan bahwa efek samping sambung bulu mata bisa menyebabkan masalah serius. Bila stidak dilakukan dengan hati-hati, dapat menyebabkan mata merah, mata bengkak, iritasi dan infeksi kelopak mata, infeksi kornea, pembengkakan dan peradangan kelopak mata.

Sudah tahu apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum memulai memutuskan Eyelash Extension? Anda perlu mencari informasi lainnya agar lebih banyak yang kalian tahu tentang Eyelash Extension, Eyelash butiQ dapat menjadi salon pilihan terbaik untuk anda.


Eyelash Butiq Studio & Course
Taman Kopo Indah 3
Ruko G no 9A
Sebrang Lapangan Bola sebelah Sekolah Talenta
Margaasih, Bandung
081 7975 5558

You might also enjoy:

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to eviamelia8@gmail.com

× Hi Eyelash ButiQ,